CONTOH PIDATO TENTANG BEKERJA KERAS

ASSALAMU'ALAIKUM WR.WB
Alhamdulillahirabbil'alamin washolatu wassalamu 'ala asrofil ambiyai wal mursalin
wa'ala alihi washohbihi ajma'in. Amma ba'du
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat allah swt yang telah melimpahkan karunianya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul disini tanpa halangan apapun.
Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita nabi agung muhammad saw yang kita nantikan syafa'atnya diyaumul akhir nanti. Amin
Kepada bapak kepala sekolah yang saya hormati, bapak/ibu guru yang saya hormati pula dan teman-temanku sekalian yang saya sayangi.
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang "BEKERJA KERAS". Bekerja yaitu suatu perbuatan ibadah yang menguras tenaga, pikiran dan keringat guna untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari misalnya uang, barang atau benda. Dengan demikian, dalam bekerja kita dituntut untuk bekerja keras agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari apalagi seorang lelaki mereka dituntut bekerja bukan hanya untuk dirinya sendiri namun juga untuk keluarganya. Dalam pandangan islam bekerja itu wajib hukumnya.
Rasullullah saw bersabda yang artinya "Bekerja mencari rezeki yang halal itu wajib hukumnya bagi setiap muslim"(H.R Tabrani).
Maka dari itu kita harus bekerja keras guna memenuhi kebutuhan sehari-hari kita, selain itu kita juga memperoleh pahala dari allah swt karena bekerja merupakan salah satu akhlaqul karimah.
Hadirin yang terhormat
 Dalam bekerja pun kita harus memperhatikan etika dan nilai-nilai islam agar memperoleh ridha allah swt. Adapun nilai-nilai dan etika islam yang harus diterapkan dalam bekerja antara lain:
1. Menjalani pekerjaan dengan niat ikhlas karena allah swt sehingga allah meridhainya
2.Menjalani pekerjaan dengan senang hati atau tanpa beban agar hasil kerja yang diperoleh maksimal
3. Mengawali setiap pekerjaannya dengan basmallah
4. Melaksanakan setiap pekerjaan dengan tetap berpegang teguh pada syariat islam sehingga bernilai ibadah dan hasilnya pun halal
5. Sabar jika menemukan kesulitan dalam bekerja karena allah menjanjikan bahwa setiap kesulitan ada kemudahan. Seperti firman allah swt.
 فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا ﴿٥﴾إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا ﴿٦﴾

Artinya : "Karena sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan(5) Sesungguhnya, sesudah kesulitan itu ada kemudahan(6)"(Q.S AL-INSYIRAH:5-6)
Hadirin yang terhormat
Dalam islam kita diwajibkan untuk bekerja keras tanpa kerja keras kita tidak mungkin bisa mencapai cita-cita dan kita tidak boleh terpaku atau merasa puas dengan hasil kerja yang kita lakukan. Allah swt berfirman:
فَإِذَا فَرَغْتَ فَانصَبْ ﴿٧﴾

Artinya: "Maka apabila kamu telah selesai(dari satu urusan) kerjakanlan dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain."(Q.S AL-INSYIRAH ayat 7)
Al-qur'an mendesak semua orang untuk memiliki kemampuan fisik untuk bekerja dan berusaha mencari kebutuhan hidupnya. Tak seorangpun dalam situasi normal, dibolehkan untuk meminta-minta dan menjadi beban orang lain maka dari itu berusaha dan bekerja keraslah dengan pekerjaan yang halal.
Cukup sekian dari saya apabila ada salah kata saya mohon maaf sebesar-besarnya dan semoga bermanfaat
WASSALAMU'ALAIKUM WR.WB

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PARIKAN BAHASA JAWA

JARINGAN WIRELESS